• Informasi yang ada di website ini juga ditampilkan di monitor televisi yang terpasang di dalam masjid
Senin, 27 Mei 2024

Memahami Sains Modern Bimbingan untuk Kaum Muda Muslim

Bagikan
JUDUL : Memahami Sains Modern Bimbingan untuk Kaum Muda Muslim
PENULIS : Nidhal Guessoum
PENERBIT : PT Qaf Media Creativa
HAL : 203
JUMLAH : 1

Literasi sains yang rendah, menurut penulis buku ini, Nidhal Guessoum, dapat mengganggu kebijakan publik yang terkait dengan masalah kesehatan, lingkungan hidup, pangan, energi, dan sebagainya. Faktanya, bahkan di negara maju seperti Amerika Serikat, menurut data penelitian tahun 2008, tingkat literasi sains di kalangan orang dewasa hanya mencapai sekitar 28 persen.

Menurut Guessoum, tingkat literasi sains terkait dengan pelajaran sains di tingkat sekolah menengah atas dan pendidikan tinggi. Juga, sumber informasi sains informal seperti di koran, buku populer, internet, atau museum.

Bagaimana faktor agama, seperti Islam? Guessoum menjelaskan, kaum muslim beranggapan Islam tidak punya masalah dengan sains. Namun, faktanya, dalam beberapa tahun terakhir perspektif antisains berbasis agama mulai muncul.

Beberapa pemuka Islam menolak pengetahuan sains dengan dasar tafsir literal atas Alquran. Mereka juga lalu menempatkan sains dalam skema konspiratif bahwa sains digunakan Barat untuk menyuburkan pandangan dunia materialistis.

Buku ini disusun Guessoum sebagai bimbingan untuk kaum muda muslim agar bisa memahami sains modern secara proporsional. Setelah menguraikan pentingnya literasi sains, Guessoum memberikan gambaran singkat sejarah sains mulai era kuno hingga modern. Secara khusus, Guessoum juga menjelaskan ciri sains modern yang berbasis pada observasi dan eksperimen, berbasis pada matematika, serta profesionalisasi dan institusionalisasi kegiatan sains.

SebelumnyaPopulisme Islam di Indonesia dan Timur TengahSesudahnyaTuntunan Sholat Lengkap
Luas Tanah412 m2
Luas Bangunan380 m2
Status LokasiFasilitas umum yang dikuasai Pemkot Depok (girik)
Tahun Berdiri2007