• Informasi yang ada di website ini juga ditampilkan di monitor televisi yang terpasang di dalam masjid
Senin, 27 Mei 2024

Mengukir Kenangan di Masjid Nurul Jannah

Mengukir Kenangan di Masjid Nurul Jannah
Bagikan

Fungsi masjid yang utama adalah untuk membantu kekhusyukan umat dalam menjalankan ibadahnya. Termasuk juga tentunya membesarkan dakwah dan syiar agama.
Namun di sela-sela kegiatan ibadah dan dakwah bisa jadi terselip kenangan jamaahnya di masjid tersebut. Hal itu jugalah yang terjadi dengan jamaah masjid Nurul Jannah Cluster Azalea.

Masjid yang telah berdiri sejak kurang lebih 15 tahun lalu itu akan dirobohkan. Digusur? Oh tentu tidak. Tidak da narasi penggusuran tempat ibadah ini. Sebab yang terjadi adalah masjid itu akan direnovasi.

Tentu setelah renovasi masjid Nurul Jannah akan lebih bagus, lebih megah, lebih luas, lebih nyaman dan lebih meningkatkan kekhusuyukan beribadah.

Minggu Kedua Juni 2022, masjid yang dibangun atas bantuan Yayasan Bulan Sabit Merah itu akan dirobohkan dan akan dimulai kegiatan pembangunan kembali. Tak bisa diabaikan, bahwa dari sekian banyak jamaah yang memiliki banyak kenangan dengan masjid lama.

15 tahun dalam memfasilitasi dan menemani jamaah muslim Azalea, tentu bukan waktu yang singkat. Itu waktu yang hampir sama dengan usia kompleks perumahan ini. Dalam rentang waktu itulah keping-keping kenangan masing-masing jamaah akan terukir.

Ada yang mengenang, bagaimana heroiknya dalam memperjuangkan terbangunnya masjid ini. Ada yang mengenang bagaimana ia menjadi orang yang pertama kali menjadi imam sholat di masjid ini. Ada juga yang mengenang indahnya desain arsitektur masjid ini. Dan masih banyak keping-keping kenangan itu berhamburan dan berserakan di masjid ini.

Kenangan itu bukan berakhir. Namun akan berganti suasana. Itulah yang menjadi sebab, dari sebagian jamaah mengabadikan momen detik-detik akhir masjid lama itu. Sabtu dan Ahad 11 dan 12 Juni 2022, sebagian warga berfoto-foto dan bercerita di serambi masjid yang sudah tak beratap itu. Bercerita dan mengingat setahun, lima tahun, sepuluh tahun dan lim belas tahun lalu di sudut sini, sudut sana ada kejadian ini dan peristiwa itu.

Kenangan boleh berlalu. Tapi Masjid Nurul Jannah bersama jamaahnya akan terus menapaki jaman menuju masa depan yang lebih baik…

SebelumnyaJamaah Masjid Nurul Jannah Donasi untuk PalestinaSesudahnyaPenentuan Arah Kiblat Masjid Nurul Jannah
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Luas Tanah412 m2
Luas Bangunan380 m2
Status LokasiFasilitas umum yang dikuasai Pemkot Depok (girik)
Tahun Berdiri2007