• Informasi yang ada di website ini juga ditampilkan di monitor televisi yang terpasang di dalam masjid
Senin, 27 Mei 2024

Masjid Nurul Jannah Akan Direnovasi

Masjid Nurul Jannah Akan Direnovasi
Bagikan

Salah satu ikon Cluster Azalea adalah Masjid Nurul Jannah. Masjid yang terletak di sisi belakang kompleks itu ternyata telah berusia kurang lebih 12 tahun…karena menurut catatan, pada tanggal 22 Juni 2007 telah dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Jannah itu. Dalam sebuah dokumentasi foto yang dibuat oleh Sekretaris RW 06 saat itu Suriani, tampak peletakan batu pertama dilakukan oleh beberapa orang. Diantaranya adalah donatur utama pembangunan yaitu dari Yayasan 2 Bulan Sabit Merah, kemudian didampingi oleh Camat Sukmajaya dan Lurah Jatimulya saat itu. Kemudian pada tanggal 7 Desember 2007 dilakukan serah-terima masjid dari Yayasan Bulan Sabit Merah kepada DKM Nurul Jannah.

Desain arsitektur Masjid Nurul Jannah saat ini masih sangat sederhana. Bahkan ada sisi-sisi yang tak asimetris, karena terjadi tambal sulam beberapa bagian untuk memperluas lantai masjid agar bisa menampung jamaah yang terus bertambah. Namun ada sisi unik dari Masjid Nurul Jannah saat ini, yaitu keberadaan lobang angin ventilasi yang merupakan lobang-lobang yang terbentuk dari sela-sela bata merah yang disusun sedemikian rupa. Pada awalnya lobang angin ini cukup memberikan pengudaraan alami. Namun karena tertutup oleh perabotan seperti almari yang diletakkan di sisi dalam tembok, cukup mengurangi aliran udara ini. Akhirnya udara tetap saja gerah.

Saat ini pengurus DKM Nurul Jannah berencana akan merenovasi masjid tersebut. Alasan mendasar mengapa dilakukan renovasi, menurut panitia adalah saat ini masjid Nurul Jannah hanya bisa menampung sekitar 150-200 jamaah sehingga apabila dilaksanakan shalat Jumat atau shalat Ied tidak bisa menampung jamaah. Ditambah lokasi Cluster Azalea berada di kompleks perumahan hanya berjarak lebih kurang 1,5 km dari kompleks perkantoran Pemerintahan Kota Depok. Di sana misalnya ada kejaksaan negeri, pengadilan negeri, pengadilan agama, kantor imigrasi, badan pertanahan, badan statistik, ada kantor PMI, Kantor Polisi Militer, dan yang paling utama ada kompleks gedung DPRD tempat wakil rakyat se-Kota Depok berkantor. Juga berdampingan dengan Cluster Jasmine, Cluster Puri Insani, Cluster Viscani yang baru sebagian memiliki masjid serta beragam bangunan komersial seperti ruko de valerian dan de Caspia.

Sementara itu perkembangan terbaru sekarang juga sedang dibangun Alun-Alun Kota Depok tepat di samping Kluster Azalea (sebelah Selatan masjid) yang tentunya berpotensi menambah jumlah jamaah yang akan melaksanakan ibadah di Masjid Nurul Jannah.

Menurut informasi, panitia telah menganggarkan dana 2,5 miliar rupiah untuk melaksanakan renovasi masjid ini. Tentu saja, panitia mengajak semua warga muslim Azalea untuk mendonasikan kelebihan rezekinya, atau siapa pun yang memiliki kecukupan rezeki dan hendak beramal baik untuk mendonasikan hartanya bagi kegiatan renovasi masjid ini.

Dari desain yang dipublikasikan panitia terlihat bahwa masjid direncanakan terdiri atas 2 lantai. Terdapat 4 menara, dengan desain minimalis.

Untuk segala informasi terkait dengan pelaksanaan renovasi ini tersedia di sebuah laman beralamat di http://masjidnuruljannah.com. Siapapun yang hendak berdonasi bisa menghubungi panitia, atau bisa langsung ditransfer ke rekening BJB No. 0024422976100 a.n. DKM Nurul Jannah. Namun panitia juga memperluas sarana donasi dengan membuka rekening di BNI Syariah dan BRI Syariah. Bahkan bisa juga melalui aplikasi LinkAja! Di bawah menu LinkAja Berbagi kemudian menu infak dan di bawahnya ada menu infak Masjid Nurul Jannah.

Nah, bagi Anda yang hendak ikut berpartisipasi berdonasi untuk kegiatan renovasi Masjid Nurul Jannah bisa langsung melakukannya sekarang juga.

SebelumnyaMasjid Nurul Jannah Selenggarakan Pesantren KilatSesudahnyaJamaah Masjid Nurul Jannah Donasi untuk Palestina
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Luas Tanah412 m2
Luas Bangunan380 m2
Status LokasiFasilitas umum yang dikuasai Pemkot Depok (girik)
Tahun Berdiri2007